PENERAPAN MULTIMEDIA DALAM PEMBELAJARAN

0
16

Oleh:Sri Sunarti, M.Pd

 

I.              Pendahuluan

Perkembangan teknologi dalam dunia pendidikan saat ini sudah maju pesat. Negara yang menguasai teknologi adalah negara yang maju. Untuk merintis ke era dunia jaringan internet dan wawasan 2020 menjadi tanggung jawab Kementerian Pendidikan untuk melahirkan pakar-pakar dalam bidang teknologi dan ilmu pengetahuan. Salah satu perkembangan terbaru dalam bidang ini adalah teknologi multimedia. Teknologi multimedia mampu memberikan hasil yang besar dan mendalam dalam bidang komunikasi dan pendidikan. Dengan multimedia dapat memberikan kefahaman tentang sesuatu dengan tepat, menarik, efektif dan efisien. Namun, kita perlu mengetahui sepenuhnya tentang komputer dan cara penggunaannya sehingga mampu mengoperasikannya.

Dalam konteks pendidikan, multimedia memberikan peranan penting dalam mengembangan pengajaran dan pembelajaran yang berkualitas. Untuk mencapai wawasan 2020 yang menjadi cikal bakal lahirnya pakar-pakar dalam bidang teknologi dan ilmu pengetahuan. Ini merupakan cara yang efektif dan efisien dalam membina dan mengeluarkan ide-ide baru dalam menghasilkan dan mempersembahkan bahan pembelajaran teknologi yang menghasilkan sebuah aplikasi dalam pembelajaran.

Dari fakta yang ada, masyarakat Indonesia belum banyak yang mengetahui tentang cara pemanfaatan teknologi internet atau multimedia yang lain. Atas dasar itu, pemerintah berusaha untuk mengenalkan multimedia dalam dunia pendidikan. Penerapan multimedia dalam dunia pendidikan yaitu penggunaan komputer sebagai cara pengembangan bahan ajar sehingga dapat lebih menarik dan menyenangkan. Program yang dapat mengembangkan bahan ajar dalam pembelajaran salah satunya adalah aplikasi power point.

 

II.           Pembahasan

A.           Pengertian Multimedia

Multimedia adalah ilmu pengetahuan mencakup beberapa aspek yang saling bersinergi antara grafik, gambar statis, animasi, film dan suara (William, 2006). Sedangkan menurut Gayeski (1992), multimedia adalah satu system hubungan komunikasi interaktif melalui computer yang mampu mencipta, menyimpan, memindahkan dan mencapai kembali data dan maklumat dalam bentuk teks, grafik, animasi dan system audio.

Menurut Turban dalam buku M. Suyanto (2005), menjelaskan bahwa multimedia merupakan alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan gambar video. Dengan kata lain, multimedia adalah seperangkat media yang terdiri dari beberapa media yang dapat dikombinasikan penggunaannya. Sedangkan menurut Hofstetter dalam buku M. Suyanto (2005) bahwa multimedia adalah pemanfaatan computer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, gambar bergerak (video dan animasi) dengan menggabungkan dan tool yang memungkinkan pemakaian melakukan navigasi, berkreasi dan berkomunikasi.

Dari pengertian diatas, bahwa multimedia merupakan gabungan data, suara, video, audio, animasi, grafik, teks dan bunyi-bunyian yang mana gabungan elemen-elemen tersebut mampu dipaparkan melalui komputer. Dengan multimedia, maka bahan ajar dapat lebih menarik dan interaktif sehingga tidak membosankan.

 

B.            Penerapan Multimedia dalam Pembelajaran

Dalam pembelajaran, multimedia yang dapat digunakan dengan menggabungkan grafik, teks, suara, gambar, video dan lain-lain yaitu menggunakan program Microsoft powerpoint. Didalam program Microsoft powerpoint ada beberapa multimedia yang dapat ditambahkan, seperti animasi, gambar, poto, video dan music. Animasi dapat digunakan untuk menartik perhatian peserta didik dalam belajar sehingga bias focus dengan apa yang akan disampaikan. Namun, dalam pelaksanaannya, pendidik harus dapat menyesuaikan animasi dengan materi yang akan diajarkan sehingga tidak mengganggu proses pembelajaran.

Selain itu juga, dalam menyampaikan materi ajar, pendidik dapat memasukkan suara, lagu dan gambar-gambar lain yang berkaitan dengan materi. Ada beberapa langkah menerapkan multimedia dalam pembelajaran khususnya dalam program powerpoint, yaitu:

A.           Membuka Microsoft Office Powerpoint

Untuk membuka powerpoint, kita dapat melakukan dengan dua cara yaitu:

1.             Membuka dari tombol start

· Klik tombol start

· Lalu klik all program

· Cari Microsoft Office

· Lalu klik Microsoft office Powerpoint 2007 atau 2010

2.             Membuka dari desktop

·      Cari Microsoft office powerpoint pada desktop laptop atau computer

·      Lalu klik tulisan itu dua kali atau klik kanan pilih open

 

B.            Membuat File Presentasi

1.       membuat file presentasi

Untuk membuat file presentasi baru pada Ms. Powerpoint kita dapat melakukan langkah sebagai berikut :

·      Klik Office Button > klik New

·      Pada kotak dialog Pilih dan klik Blank & Recent > Blank Presentation > pilih/klik tombol Create.

2. menambahkan slide

Untuk menambahkan slide dan memilih layout pada Ms. Powerpoint dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :

·      Dalam menu tab Home pilih dan klik New Slide untuk menambahkan slide baru, apabila kita memilih tombol New Slide bagian atas, maka kita akan disajikan slide dan layout default yaitu slide Title and Content.

·      Sedangkan untuk memilih jenis slide dan layout yang berbeda, maka pilih dan klik tombol New Slide bagian bawah maka akan muncul beberapa tampilan slide dan layout

·      Untuk mengubah layout yang sudah ada kita dapat memilih tombol Layout pada samping tombol New Slide

 

C.            Membuat Tema

Untuk membuat file presentasi agar tampil menarik, dapat menggunakan background yang sesuai dengan yang diinginkan dengan cara sebagai berikut:

·      Pilih dan klik tab design

·      Lalu pilih tema atau background pada kolom themes

Selain, tema dapat juga menyisipkan file foto sebagai tema atau background dengan cara:

·      Klik background style

·      Lalu klik format background tandai picture or texture fill

·      Pada insert from klik file

·      Lalu pilih gambar atu foto yang diinginkan

·      Lalu klik insert

 

D.           Penambahan Teks

·         Klik kanan tepat pada objek tombol

·         Pilih menu add text

·         Ketik teks home

·         Bila diperlukan, berilah efek cetak tebal (bold) dan efek bayangan (shadpw) terhadap teks itu.

·         Klik di luar objek tombol

E.      Penyalinan Objek

·         Pilih objek tombol

·         Klik icon copy pada toolbar standard, lalu klik icon paste

 

Buatlah 5 buah salinan (klik icon paste sebanyak 5 kali)

F.             Penempatan Objek Tombol

·    Lakukan drag satu per satu untuk mengatur penempatan objek-objek tombol, misalnya tombol ditempatkan di sisi kiri slide berderet secara vertical atau menggeser tombol menggunakan anak panah pada keyboard.

 

·    Lakukan penggantian teks untuk setiap tombol

G. Menyisipkan Hyperlink

Hpyperlink adalah suatu cara untuk menyisipkan satu slide ke slide yang lain, halaman web, file, atau custom show. Hyperlink ini bias berupa objek, teks, gambar atau video dan objek lainnya. Dibawah ini cara menyisipkan hyperlink, yaitu:

Pilih tombol home
Klik icon insert hyperlink pada toolbar standard
Di bagian link to, pilih place in this document
Di bagian selesct a place in this document, pilih slide home
Klik ok
Ulangi langkah (1) hingga (5) untuk menyisipkan hyperlink ke tombol-tombol lainnya sehingga setiap tombol mengkait ke slide-slide yang bersesuaian.

III.    Penutup

Penerapan multimedia dalam pembelajaran memberikan banyak keuntungan dan kemudahan bagi pendidik dalam memberikan ilmu pengetahuan kepada peserta didik. Multimedia yang dapat digunakan dalam pembelajaran yaitu dengan powerpoint. Powerpoint merupakan salah satu program dalam computer yang dapat memadupadankan teks dengan objek lainnya, serta membuat suatu yang mati menjadi hidup dengan animasi. Selain itu, materi juga dapat dibuat lebih inovatif dengan menyisipkan suara, gambar maupun video sehingga menarik perhatian peserta didik. Dengan multimedia maka akan mempermudah penyampaian ilmu pengetahuan dan informasi kepada peserta didik. Informasi yang disampaiakan lebih inovatif dan kreatif sehingga pembelajaran menyenangkan.

 

Daftar Pustaka

Ditto, W. (2006). Multimedia. Encarta Premium DVD Ensiklopedia.

Gayeski, D, M. (1992). Making sense of multimedia: Introduction to special issue. Eric Journal

Suyanto. (2005). Multimedia alat untuk meningkatkan keunggulan bersaing. Yogyakarta. Penerbit Andi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.