MERENCANAKAN KARANGAN

0
67

MERENCANAKAN KARANGAN

Hodidjah

WIDYAISWARA MADYA

 

ABSTRAK

Masing-masing organisasi sangat perlu melakukan suatu perencanaan dalam setiap kegiatan organisasinya, baik perencanaan produksi, perencanaan rekrutmen karyawan baru, program penjualan produk baru, maupun perencanaan anggarannya. Perencanaan (planning) merupakan proses dasar bagi organisasi untuk memilih sasaran dan menetapkan bagaimana cara mencapainya. Oleh karena itu, perusahaan harus menetapkan tujuan dan sasaran yang hendak dicapai sebelum melakukan proses proses perencanaan. Ada banyak perencanaan yang dilakukan diantaranya perencanaan pembelajaran, perencanaan produksi, perencanaan  produksi, perencanaan keuangan, dan tertamsuk juga perencanaan karangan yang akan menjadi uraian penulis. Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah dengan cara pemaparan dengan menggunakan studi pustaka.

(perencanaan, karangan)

  1. PENDAHULUAN

Definisi Perencanaan Dalam ilmu menejemen menjelaskan bahwa salah satu fungsi pokok manajemen adalah perencanaan,dimana dalam ilmu manajemen menjelaskan bahwa fungsi pokok manajemen terdiri dari perencanaan, koordinasi, pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi. Definisi perencanaan dikemukakan oleh Erly Suandy (2001:2) sebagai berikut : “Secara umum perencanaan merupakan proses penentuan tujuan organisasi (perusahaan) dan kemudian menyajikan (mengartikulasikan) dengan jelas strategi-strategi (program), taktik-taktik (tata cara pelaksanaan program) dan operasi (tindakan) yang diperlukan untuk mencapai tujuan perusahaan secara menyeluruh.” Perencanaan merupakan proses terpenting dari semua fungsi manajemen karena tanpa perencanaan fungsi-fungsi lain pengorganisasian, pengarahan, dan pengontrolan tidak akan dapat berjalan. Beberapa Arti Perencanaan Menurut Para Ahli : a. Garth N.Jone, Perencanaan adalah suatu proses pemilihan dan pengembanngan dari pada tindakan yang paling baik untuk pencapaian tugas. b. M.Farland, Perencanan adalah suatu fungsi dimana pimpinan kemungkinan mengunakan sebagian pengaruhnya untuk mengubah daripada wewenangnya. c. Abdulrachman (1973), masih banyak lagi pendapat lain tentang perencanaan. Sedangkan karangan bermakna menulis kreatif. Karangan menurut wikipedia merupakan karya tulis hasil dari kegiatan seseorang untuk mengungkapkan gagasan dan menyampaikannya melalui bahasa tulis kepada pembaca untuk dipahami. Lima jenis karangan yang umum dijumpai dalam keseharian adalah narasi, deskripsi, eksposisi, argumentasi, dan persuasi. Karangan adalah bentuk tulisan yang mengungkapkan pikiran dan perasaan pengarang dalam satu kesatuan tema yang utuh, Karangan diartikan pula dengan rangkaian hasil pikiran atau ungkapan perasaan ke dalam bentuk tulisan yang teratur. Dalam kesempatan ini penulis mecoba menguraikan tentang bagaimana perencanaan dalam karangan?

  1.  PEMBAHASAN

B.1 Hakikat Perencanaan Karangan

            Menulis merupakan proses kreatif. Pertama, tahap persiapan yaitu mengumpulkan informasi, merumuskan masalah, menentukan arah dan fokus penulisan, mengamati objek yang akan ditulis dan memperkaya pengalaman kognitif untuk proses selanjutnya.  Misalnya penentuan topik yang kreatif, unik, menarik, memikat, menimbulkan dorongan pembaca untuk mengembangkan potensi sehingga menghasilkan daya cipta bagi pembaca maupun penulisnya . Kedua, Tahap inkubasi (pendadaran) yaitu proses logis dengan memanfaatkan seluruh informasi yang dikumpulkan dari sebab ke akibat atau dari tesis-antitesis sampe dengan sintesis yang merupakan pemikiran yang sinergis-kreatif yang juga bersifat khas sampai dengan pembahasan yang lebih luas yang merupakan solusi, pemecahan masalah, atau jalan keluar ditandai dengan adanya pemikiran yang dihadapi. Ketiga, tahap iluminasi atau kejelasan yang ditandai dengan adanya insprasi pemecahan masalah. Keempat, tahap verifikasi, mengevaluasi, memeriksa kembali, atau menyelekai seluruh tahapan, dan menyusunnya kembali sesuai dengan fokus tujuan penulisan. Ini berarti setiap pembahasan penulisan menghendaki adanya pemikiran dengan kesungguhan, semangat penuh dan serius, sehingga menghasilkan kreativitas yang terus mengalir (Syihabuddin,2006:3-4)

B.2 Perencanaan Karangan

            Perencanaan karangan ilmiah adalah proses awal mengarang sampai dengan penulisan akhir. Perencanaan ini mencakup prapenulisan, pengorganisasian keseluruhan penulisan, penyuntingan, dan persentasi. Penulisan karangan formal, seperti makalah, seperti makalah penelitian, skripsi, tesis, disertasi, atau karangan ilmiah lainnya menuntut beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Persyaratan ini menyangkut isi, bahasa, metode analisis, dan teknik penyajian

Tahap Penulisan

-Prapenilisan

-penulisan

-penyuntingan (editing)  

-Penulisan naskah yang sudah sempurna, tanpa kesalahan

-persentasi , yaitu

  1. PENUTUP

           Perencanaan adalah hal terpenting dalam menejemen apalagi dalam era globalisasi ini dan pastinya digunakan sebagai senjata menghadapi lingkungan luar. Dalam perencanaan terdiri dari macam-macam perencanaan, Perencanan adalah suatu fungsi dimana pimpinan kemungkinan mengunakan sebagian pengaruhnya untuk mengubah  wewenangnya. Masih banyak lagi pendapat lain tentang perencanaan. Sedangkan karangan bermakna menulis kreatif. Karangan menurut wikipedia merupakan karya tulis hasil dari kegiatan seseorang untuk mengungkapkan gagasan dan menyampaikannya melalui bahasa tulis kepada pembaca untuk dipahami. Lima jenis karangan yang umum dijumpai dalam keseharian adalah narasi, deskripsi, eksposisi, argumentasi, dan persuasi. Karangan adalah bentuk tulisan yang mengungkapkan pikiran dan perasaan pengarang dalam satu kesatuan tema yang utuh, Karangan diartikan pula dengan rangkaian hasil pikiran atau ungkapan perasaan ke dalam bentuk tulisan yang teratur

DAFTAR BACAAN

http://id.wikipedia.org/wiki/Perencanaanhttp://contoh-makalah-

mahasiswa.blogspot.com/2011/10/makalah-perencanaan- manajemen.html

Widjono HS, 2012, Bahasa Indonesia, Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian di

          Perguruan Tinggi, Grasindo, Jakarta

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.