Mengenal pola pengajaran dunia

0
66

Oleh

Drs.Suberia.MM

Widyaiswara Ahli Madya Balai Diklat Keagamaan Palembang

Abstract

Pendidikan dalam berbagai bentuk tergantung pada bagaimana Anda melihatnya. Pandangan kita tentang seperti apa bentuknya dan bagaimana seharusnya terwujud bergantung pada nilai kita dan pengalaman kita dengannya.ada banyak jenis pendidikan yang mesti  diketahui oleh setiap pendidik.inilah perlunya artikel ini dibuat.artikel ini dibuat dengan pengungkapan secara deskriptive yang compilasi dari beberapa pemikiran para ahli yang dirangkum dalam satu gagasan konstruktif edukatif

Keywords: Jenis Pendidikan,Pengajaran,pembelajaran

Pendahuluan

Bagaimana jika sebuah kelas terdiri dari kata-kata yang mengarah pada informasi yang berputar ke dalam dunia kreativitas campuran yang dibentuk hanya untuk siswa, yang dibuat oleh siswa. Para siswa kemudian mendiktekan apa yang mereka pelajari bukannya dengan enggan mencerna informasi dan standar yang dikenakan pada mereka.

Itu ada di sini dan sekarang. Di setiap sudut dan celah, di setiap sudut, di dalam setiap pelajaran yang dirancang dengan baik, siswa mungkin hanya belajar apa yang ingin mereka pelajari dan benar-benar menemukan kesuksesan sambil meningkatkan dunia di sekitar mereka.

Pembahasan

Pada umumnya orang hanya mengenal beberapa jenis pendidikan  saja. pada hal ada banyak sekali jenis pendidikan   dan pembelajaran yang  patut dikenal oleh setiap pendidik . tampilan pendidikan berbeda yang entah bagaimana menemukan catatan serupa .

  1. Keanekaragaman Mendasar

Sir Ken Robinson  kampanye mengubah pendidikan melalui pembicaraan, menulis, menasihati, dan mengajar. Ia percaya bahwa pendidikan harus berubah karena lingkungan yang basi di mana sebagian besar siswa tidak benar-benar belajar apa yang seharusnya atau ingin mereka pelajari. Bagaimana itu terjadi membuat semua perbedaan — dari bawah ke atas. Orang, siswa, dan guru menciptakan perubahan bukan administrator atau eksekutif.

  1. Jejaring Sosial

Dengan  jejaring sosial yang  tumbuh hingga titik dimana  Technorati  terakhir melacak sekitar 70 juta blog yang diperbarui, menggunakan jejaring sosial untuk mengajarkan subjek dan melontarkan siswa ke dalam dunia lain selain pembelajaran yang stagnan berarti memadukan pendidikan tradisional dengan komunikasi modern. Banyak pendidik percaya ini adalah rute untuk melibatkan siswa dalam mempelajari semua keterampilan dasar yang mereka butuhkan.

  1. Talking Education

Pendidik percaya menggunakan berbicara atau video untuk meninjau pelajaran dan mengajarkan konsep membantu siswa belajar dan mempertahankan lebih banyak. Antara  TedEd  dan  TeacherTube , pendidikan berbicara banyak tentang segala hal. Siswa menyukai gerakan, televisi dan film sehingga memanfaatkan potongan informasi ini mengubah makna pembelajaran terutama bagi banyak siswa yang kekurangan waktu.

  1. Underground Education

Menurut  John Taylor Gatto , para guru harus memilih dunia nyata di kelas. Siswa tidak belajar untuk hidup atau bertahan di ruang kelas. Mereka belajar untuk bertahan hidup di dunia nyata sehingga konsep pendidikan bawah tanah menantang para pendidik di setiap jalan kehidupan untuk memberi siswa alat yang dapat digunakan untuk hidup dan bernafas di dunia di sekitar mereka. Jika pelajaran harus diajarkan, kemudian ajarkan berpikir tentang siapakah mereka nantinya.

  1. Navdanya

Misi Dr. Vadana Shiva hidup dan bernafas di  Navdanya , sebuah organisasi yang mempromosikan kemandirian dan demokrasi bumi. Pemimpin organisasi adalah wanita yang menemukan kekuatan dalam gerakan wanita dan memberikan suara kepada wanita. Demokrasi bumi berkembang dari gagasan penyelamatan benih yang membantu masyarakat lokal menjadi mandiri.

  1. Aset

Di Cina, memandang pendidikan sebagai aset berarti Anda seorang individu dengan kekayaan bersih yang tinggi atau  HNWI . Cina memiliki sekitar 1,4 juta HNWI yang menyamai sekitar $ 8,7 triliun dalam bentuk kekayaan menurut Julius Baer Group Ltd. Dengan biaya pendidikan tersier meningkat begitu cepat, ini juga membuat pendidikan menjadi barang mewah.

  1. Status Sosial

Bahkan lebih penting untuk belajar daripada menjadi aset,  status sosial  memainkan peran mendasar dalam pendidikan sekelompok kecil atau besar orang apakah itu agenda seluruh negara atau bagian tertentu atau komunitas di negara itu. Dengan kata lain, jika komunitas itu menempatkan pentingnya pendidikan sebagai manfaat sosial, siswa dan orang-orang dalam komunitas itu akan berusaha mencapainya untuk meningkatkan status mereka di masyarakat.

  1. Lesson Study

Berasal di Jepang,  lesson study  berlaku untuk gaya mengajar. Secara konseptual, lesson study mempromosikan gagasan bahwa guru secara konstan meningkatkan dan mengubah gaya pengajaran mereka berdasarkan pada kinerja siswa dan reaksi terhadapnya. Kedengarannya seperti apa yang sudah kita lakukan tetapi tidak persis. Kolaborasi antar guru adalah yang terpenting dan begitu juga perubahan. Menggabungkan kedua faktor ini dengan perubahan konstan berarti siswa tidak pernah berhenti belajar.

  1. Perjuangan Konstruktif

Bentuk pengajaran bahasa Jepang lainnya   adalah untuk memungkinkan siswa berjuang melalui pelajaran dengan bimbingan dari guru mereka. Dengan kata lain, siswa seharusnya tidak merasa malu karena gagal pertama kali, bahkan bukan yang kedua atau ketiga kalinya. Instruktur harus benar-benar mendorong siswa untuk belajar dari kegagalan itu.

  1. Sekolah di Awan

Setelah bereksperimen dengan komputer di dinding di mana anak-anak miskin pada dasarnya menemukan cara untuk belajar tanpa seorang guru, Sugata Mitra memenangkan  Hadiah Ted  $ 1 juta pada tahun 2013. Dia menulis sebuah ebook bernama Beyond the Hole in the Wall yang menawarkan ideal untuk pendidikan berdasarkan pada premis yang sangat nyata bahwa siswa belajar tidak peduli apa status sosial atau latar belakang ekonomi. Mereka hanya membutuhkan alat untuk melakukannya.

  1. Pembelajaran Berbasis Masalah

Dalam hal pendidikan tinggi,  pembelajaran berbasis masalah  semakin populer di Australia. Siswa diberi masalah dunia nyata kemudian mereka bekerja sama untuk menemukan solusi untuk ini. Di Australia, program keperawatan telah mulai merangkul gaya pengajaran dan pembelajaran ini karena menantang para siswa untuk bekerja seolah-olah mereka sedang menghadapi masalah nyata yang akan mereka hadapi di tempat kerja. Para guru menganggapnya tidak ternilai karena siswa belajar lebih banyak dengan metode ini.

  1. Belajar dengan Teknologi

Pandangan lain ditemukan di seluruh dunia tetapi juga sangat digunakan di Australia seputar  penggunaan teknologi  sebagai kunci untuk siswa meningkatkan kemampuan belajar mereka dan daya pemasaran mereka. Dalam ranah teknologi, guru mendorong siswa untuk berinovasi, membawa mereka ke dalam abad ke-21 di mana aturan kelangsungan hidup dan stabilitas.

  1. Pembelajaran Konstruktivis

Menurut  Dimitrios Thanasoulas dari Yunani yang  berhubungan dengan filsuf Giambattista Vico, manusia hanya memahami apa yang mereka bangun. Konsep ini berjalan pada gagasan bahwa siswa menciptakan lingkungan belajar mereka sendiri, secara aktif berpartisipasi dalam pengetahuan yang mereka telan. Menciptakan pembelajaran Anda sendiri melibatkan membuat kesalahan tanpa agenda yang telah ditetapkan. Pembelajaran konstruktif tidak stabil sehingga banyak sistem pendidikan menolaknya.

  1. Tujuan Internasional

Banyak negara menciptakan iklim yang kondusif bagi minat dan keinginan siswa internasional. Pada tahun 2010, $ 7,7 miliar dihabiskan untuk biaya kuliah oleh siswa internasional di  Kanada . Negara-negara yang memberikan perhatian kepada siswa internasional menemukan manfaat ekonomi di bidang pendidikan dan pekerjaan.

  1. MOOCs & eLearning

Pendidikan gratis telah terwujud dalam bentuk eLearning dan  Massive Open Online Courses  sebagai hasil langsung dari siswa yang ingin belajar tetapi tidak memiliki sumber daya untuk melakukannya apakah itu berarti mereka tidak memiliki uang atau latar belakang untuk mencapai tujuan pembelajaran mereka.

  1. Pendidikan Berbasis Kompetensi

Competency based education says that regardless of the length of time it takes for a student to complete a course, the student completes it based on what they know already. The only factor in determining how or when the student completes the course is the mastery of knowledge within the subject.

  1. Proses Bologna

Lebih banyak kesepakatan daripada konsep,  Proses Bologna  adalah agenda yang ditujukan untuk menanggapi lanskap pendidikan yang berubah. Sistem pendidikan tinggi di negara-negara Eropa mengatur diri mereka untuk menciptakan sistem pendidikan tinggi yang lebih modern dan canggih bagi para siswa yang akan masuk.

  1. Kualifikasi Gelar

The Lumina Foundation  berpendapat bahwa program gelar perlu menetapkan tolok ukur bagi siswa yang mempersiapkan mereka untuk tempat kerja yang selalu berubah. Derajat ini tidak hanya dimaksudkan untuk belajar tetapi memberikan tujuan dan keterampilan siswa yang akan membantu mereka menemukan dan mempertahankan pekerjaan setelah mereka memasuki dunia kerja.

  1. Hukum Herbert Stein

Hukum Herbert Stein  menyatakan, “Jika sesuatu tidak bisa berlangsung selamanya, itu akan berhenti.” Banyak di dalam dan di luar bidang pendidikan telah lekat undang-undang ini sebagai panggilan bangun bagi para pendidik. Ini menunjukkan kehadirannya dengan munculnya begitu banyak perubahan yang terjadi secara aktif dan dianut di seluruh lingkungan pendidikan.

  1. Mengganggu Inovasi

Beberapa orang melihat pendidikan online sebagai proses yang mengganggu dalam garis bersih yang telah dikelola oleh pendidikan tradisional, yang terkait dengan hukum Herbert Stein dalam arti bahwa pendidikan online mengakhiri kubu ini. Amerika melihat ini sebagai krisis karena tingkat pengangguran dan persaingan dari Cina dan India. Sebagai tanggapan,  inovasi yang mengganggu  berarti biaya dan elitisme pendidikan berubah untuk memberikan alternatif yang terjangkau.

  1. Open Innovation

Inovasi terbuka  mempromosikan gagasan persaingan. Dalam dunia bisnis ini berarti membuka platform bagi perusahaan dalam bentuk kontes. Dalam pendidikan tinggi, ini berarti menyatukan berbagai lembaga untuk kompetisi lokal dan global. Itu berarti tidak membatasi hanya pada beberapa orang terpilih tetapi membuka sebanyak mungkin kontestan.

  1. Guru Berkualitas Tinggi

Pandangan lain dan kritik pendidikan menempatkan keberhasilan atau kesalahan gaji guru yang rendah. Penghargaan untuk profesi guru harus ditunjukkan secara moneter kemudian menciptakan  guru berkualitas tinggi . Pendidik Finlandia Pasi Sahlberg percaya bahwa pendidik harus dibayar lebih banyak dan untuk alasan yang baik. Di Finlandia, menerima penempatan di program master untuk guru lebih sulit daripada mendapatkan gelar sarjana hukum atau medis.

  1. Pendidikan Finlandia

Alih-alih berfokus pada memenuhi standar dan berpacu ke puncak,  Finlandia  berfokus pada penyediaan pendidikan yang berkualitas bagi semua orang. Bertentangan dengan banyak pandangan lain dalam daftar ini, Finlandia tidak percaya pada kompetisi atau bahkan memberi nilai sampai kelas lima. Sistem ini juga tidak percaya pada tindakan hukuman tetapi mendorong kepercayaan dan kesetaraan.

  1. Strategi Dukungan Sosial

Organisasi seperti  Advokasi dan Kepemimpinan Kepemudaan Gadis Remaja (AGALI)  menggunakan strategi dukungan sosial untuk memastikan perempuan muda belajar tentang diri mereka di luar norma sosial. Menyadari bahwa pelembagaan pendidikan hanya dapat berjalan sejauh ini, organisasi-organisasi ini memberikan pendidikan dengan cara-cara lain yang jauh jangkauannya yang memberi orang rasa percaya diri dan harga diri yang diperlukan untuk menemukan kesuksesan dalam kehidupan.

  1. Ubah Agen

Mengangkat guru sebagai kunci untuk mengubah sistem pendidikan yang mengerang,  agen perubahan  adalah guru yang tidak hanya menerima gagasan perubahan tetapi hanya membuat perubahan terjadi. Mereka tidak menunggu undang-undang untuk lulus atau standar berlaku, mereka hanya mengambil inisiatif untuk memastikan siswa belajar tidak peduli apa keadaan atau keterbatasannya.

  1. Perubahan Inti Umum

Di Amerika Serikat, penerapan  standar inti umum  dimaksudkan untuk mendukung pendidikan tinggi, yang telah melaporkan standar yang lebih rendah dalam kemampuan pendidikan daripada di tahun sebelumnya. Ini juga dimaksudkan untuk menantang siswa lebih banyak dengan memaksa pendidikan memasuki abad 21 dengan lebih banyak pembelajaran yang digerakkan oleh siswa.

  1. Pendidikan Awal

Start-up dan pendidikan secara perlahan saling mencari dan mencoba untuk berhubungan satu sama lain. Satu-satunya masalah adalah birokrasi dalam pendidikan menciptakan perubahan yang lambat. Tapi, ketika perubahan itu terjadi, perubahan cepat dan inovasi memberi para siswa dan pendidik suatu ekosistem untuk berkembang dan belajar. LearnLaunchX  memamerkan produk startup kepada pendidik yang menciptakan antusiasme dengan harapan mengubah sloth pendidikan.

  1. Pendidikan Seluler

Kami bergerak sebagai masyarakat global sehingga ke mana pun kami pergi, kami membawa ponsel pintar kami bersama kami. Di antara percakapan, kami melihat ke bawah dan menyadap apa pun yang diperlukan atau menghibur pikiran kami. Jadi pendidikan, setidaknya dalam aspek yang paling penting, mengatakan bahwa itu akan ada di sana juga. Itu akan berjalan bersama kita dalam perjalanan kita, keinginan kita, jalan memutar kita, dan keinginan kita. Jika kita membawa laptop kita ke seluruh dunia, pendidikan akan berjalan bersama kita sesuai dengan  teori pendidikan seluler .

  1. Struktur Tak Terlihat

Pada catatan yang sama, mengapa menempatkan siswa dalam kotak? Jika seorang siswa lebih suka belajar saat berkeliling dunia, maka jadilah itu. Meruntuhkan tembok pendidikan tidak hanya berarti menciptakan ruang kelas online tetapi mendorong siswa untuk bertemu di ruang terbuka dan belajar di luar batas-batas institusi. Mengajar di luar kelas  seharusnya menjadi sumber inspirasi, bukan fenomena aneh.

  1. Pemberdayaan Ekonomi

Memberikan siswa kemampuan untuk mengendalikan status ekonomi mereka   dengan mengajari mereka keterampilan dan sistem nilai ekonomi di seluruh dunia membantu mereka menjadi pemimpin dan inovator tetapi juga membantu mereka menemukan dasar untuk mendapatkan penghasilan dalam ekonomi yang berfluktuasi.

  1. Pelatihan Keterampilan Kerja

Apakah siswa mencari pendidikan tinggi khusus atau keterampilan khusus untuk lebih lanjut jalur karir,  pelatihan kejuruan  telah menjadi jalan yang lebih populer dan pandangan pendidikan secara umum. Sering digunakan oleh pemerintah untuk melatih pekerja yang dipindahkan, itu bisa menjadi sumber belajar yang berharga bagi siapa saja yang ingin mengkhususkan diri di bidang-bidang seperti berbagai jenis teknisi medis atau bahkan seni grafis.

  1. Gamification

Konsep  gamification  pada dasarnya berarti memperkenalkan pengalaman bermain game ke lingkungan di mana permainan biasanya tidak dapat diterima: Pendidikan. Kata gamification sebenarnya diciptakan oleh seorang programmer Inggris, Nick Pelling, pada tahun 2004. Menambahkan game ke pendidikan berarti cukup bahwa pengguna menyelesaikan tugas-tugas tertentu untuk hadiah seperti dalam permainan video.

  1. Modal Cerdas

Modal pintar  melibatkan penempatan dana tepat di mana mereka seharusnya. Daripada menyerahkan dana ke seluruh komunitas atau negara berdasarkan kebutuhan, uang mengalir ke tangan orang-orang yang membutuhkannya tetapi juga akan menggunakannya secara efektif kemudian berbagi ide dan dana mereka dengan orang lain sehingga kita menghilangkan penggunaan biasa-biasa saja atau bahkan tidak ada gunanya teknologi dan dana.

 

 

  1. Peran Katalitik

Banyak yayasan atau organisasi memainkan peran katalis dalam kemajuan dalam pendidikan seperti  Bill & Melinda Gates Foundation . Mereka membantu para inovator mengubah dinamika pendidikan dengan menyediakan sumber daya moneter dan lainnya sebagai dukungan melalui pendidikan perguruan tinggi yang siap dan keberhasilan pasca-sekolah menengah. Gagasan utamanya adalah untuk memperkuat hubungan antara guru dan siswa sehingga proses pembelajaran berkembang ke titik di mana siswa tidak hanya belajar tetapi menerapkan apa yang mereka pelajari.

  1. Blended Learning

Memadukan pembelajaran  dan teknologi memberi siswa kelebihan dibanding yang lain. Ini adalah satu hal untuk bergerak dengan kecepatannya sendiri. Ini adalah cara lain untuk belajar dengan kecepatannya sendiri. Menghubungkan keduanya membuat perbedaan perlu diperhatikan. Guru tidak harus bernapas di atas leher siswa. Membimbing siswa seringkali cukup.

  1. Pendidikan Kolektif

Individu mengambil kursi belakang ketika datang ke ide  pendidikan kolektivis . Siswa belajar dalam kelompok dan lebih penting satu sama lain lebih baik dan lebih efektif daripada sendirian. Ini tidak berarti bahwa kita mengabaikan individu pembelajar online, tetapi itu berarti bahwa pembelajar online akan belajar lebih baik ketika terkena sekelompok peserta didik dengan minat yang sama yang dapat menawarkan wawasan dan pertanyaan ke dalam proses belajar subjek tertentu.

  1. Pendidikan Personalisasi

Ironisnya,  pendidikan yang dipersonalisasi  memegang nilai lebih dari sebelumnya. Perbedaannya adalah pendidikan yang dipersonalisasi tidak berarti tidak ada pendidikan kolektif. Itu hanya berarti bahwa pendidikan diberikan penting untuk kebutuhan dan keinginan pribadi, bahwa individu harus berarti sesuatu dalam forum kolektif.

  1. Pembelajaran Fleksibel

Dengan pendidikan yang dipersonalisasi, nilai  pembelajaran luwes  perlu diatasi. Pembelajaran fleksibel menawarkan pilihan, kenyamanan, dan pendekatan pribadi kepada siswa untuk mempelajari subjek apa pun yang diberikan. Karena kita adalah individu, belajar dan mengajar harus memerlukan beberapa bentuk fleksibilitas dalam bidang standardisasi.

  1. Membalik Pembelajaran

Sebagai blak-blakan set mungkin, sebuah ” membalik kelas ” berarti memutar pembelajaran di atas kepalanya. Ambil lingkungan belajar dan  balikkan  sehingga siswa melakukan seluk beluk pembelajaran dengan guru atau profesor mereka sebagai lawan belajar untuk ujian sendirian di ruangan gelap dengan hanya lampu terang untuk membimbing mereka. Bagian yang menyenangkan terjadi di rumah dengan tautan ke artikel pendek atau video. Bagian yang sulit terjadi di sekolah di mana para guru dapat membantu siswa mengisi kekosongan.

  1. Pendidikan Klasik

The  pendidikan klasik  dari setiap kelompok siswa mundur ke waktu yang hilang untuk mereka jika disampaikan dalam format kuliah. Siswa dapat mengalami keindahan Shakespeare pada usia berapa pun karena mereka melihatnya seperti itu dan, di teater, tidak peduli seberapa kecil atau besar. Siswa di Oxford, di kelas online, atau siswa di sekolah kecil mengalami pendidikan klasik karena diserahkan kepada mereka oleh guru yang mengantarkannya bergerak.

  1. Pendidikan Paska Sekolah Menengah Gratis

Negara-negara di seluruh dunia menawarkan  pendidikan pasca sekolah menengah gratis yang  memberi para siswa di negara-negara tersebut keuntungan yang jelas dibandingkan siswa lain yang mungkin atau mungkin tidak menerima pendidikan sama sekali. Siswa mungkin dapat membayar pendidikan mereka jika mereka bekerja ketika mereka menempatkan diri mereka melalui sekolah dan jika mereka cukup beruntung mungkin mereka memiliki sumber daya yang memberikan mereka dana untuk pendidikan mereka, tetapi sumber daya gratis menjamin pendidikan yang memberi nilai tambah bagi siswa. apa pun yang mereka inginkan.

  1. Pendidikan Agama

Pendidikan agama  ada karena masyarakat dan budaya memberikannya suatu kepentingan di luar pengetahuan. Menghubungkan mereka bersama dengan waktu dan kehadiran, siswa belajar sifat dari siapa keluarga dan masyarakat mereka percaya bahwa mereka juga bagaimana menghadapi dunia yang berubah penuh kekecewaan dan kekerasan.

  1. Pendidikan Moral

Pendidikan moral  melibatkan banyak agama dan banyak wawasan tentang cara manusia berinteraksi satu sama lain. Bagaimana kita mengelola jalan kita melalui kesulitan sama pentingnya dengan bagaimana kita melakukan manuver melalui kemajuan teknologi, setidaknya kepada leluhur kita dan pandangan mereka tentang benar dan salah.

  1. Pendidikan Karakter

Dalam ranah menciptakan moralitas, ada karakter yang berdiri tepat di sebelahnya. Karakter bahkan bisa menjadi elemen pendidikan yang lebih kuat daripada moralitas. Dengan siswa begitu cepat terkena kekerasan dan seksisme di seluruh Internet,  pengembangan karakter  membutuhkan usaha dan kesadaran. Di setiap tingkat pendidikan, siswa harus dipaparkan dan diberi kesempatan untuk melatih pemahaman mereka tentang hal itu.

  1. Pengujian Kesiapan

Uji Kesiapan  mengarahkan para pendidik dan siswa ke arah yang benar menurut orang-orang yang melihatnya seperlunya. Hal ini memungkinkan sistem pendidikan untuk memutuskan apakah siswa dapat melakukan berbagai tugas pada tingkat tertentu sehingga memberikan semua orang wawasan ke mana dan bagaimana siswa harus bergerak maju.

  1. Berbagi Suara

Di  Selandia Baru , siswa didorong untuk menggunakan alat online untuk menceritakan kisah mereka sendiri dan suaranya terdengar di seluruh komunitas mereka sendiri dan negara mereka. Sebenarnya, tujuan Kementerian Pendidikan adalah meminta siswa mengekspresikan diri dan bertanggung jawab atas pembelajaran mereka sendiri.

  1. Pembelajaran Ekspedisi

Pembelajaran ekspedisi  membawa pembelajaran ke dunia mempercepat kebutuhan untuk belajar lebih dari apa yang terkurung di dalam dinding kelas tetapi lebih dari itu menggunakan dunia untuk belajar. Siswa merasa terlibat dalam pembelajaran sambil mencapai tujuan dan mencapai pengembangan karakter ketika terkena pembelajaran di luar.

  1. Tampilan Global

Menurut pendidik terkenal  Yong Zhoa , pengujian berisiko tinggi menciptakan lebih banyak masalah daripada memberikan jawaban dan tidak cocok dengan kesuksesan di dunia saat ini. Mendidik siswa kreatif, wirausaha harus menjadi fokus pendidikan dengan apa yang ia sebut pelajar kelas dunia dalam buku terbarunya. Zhoa percaya perlu ada perubahan paradigma dalam pendidikan yang dibangun di atas kekuatan siswa dan memberi mereka format di mana bakat mereka berkembang dan mengambil bentuk daripada pendidikan membentuk mereka.artikel ini dikompilasi dan transiliasi dari tulis an Lisa Chesser , pada opencolleges.edu.au.semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.