Nyimas Mahani : Tata Kelola Penulisan Surat Dinas Sangat Penting

0
32

Palembang (Diklat NEWS) bertempat di Auditorium Balai Diklat Keagamaan (BDK) Palembang pada Rabu (02/09/2015) pagi Kepala BDK Palembang Dra. Hj. Nyimas Mahani, MM secara resmi menutup Diklat Manajemen Rumah Ibadah, Diklat Manajemen Perkantoran Bagi Kepala Kantor Urusan Agama dan Diklat Teknis Substantif Peningkatan Kompetensi Manajemen Berbasis Madrasah. Turut hadir dalam kesempatan ini Kasubbag Tata Usaha Nurul Falah, SH, MM, Kasi Diklat Administrasi Mursidah, S.Ag, MM dan Kasi Diklat Teknis Keagamaan Drs. H. Arion, S.IPI, M.Si.

Dalam pembekalannya Kepala BDK Palembang mengatakan bahwa salah satu hal yang berperan penting dalam proses administrasi suatu manajemen adalah tata kelola penulisan surat dinas. Saat ini Format Surat Dinas di Kementerian Agama berpedoman pada Peraturan Menteri Agama Nomor 16 Tahun 2006 dan disesuaikan dengan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2011 tentang Pembentukan Peraturan Perundang-Undangan,

“Dewasa ini, ternyata masih banyak ditemukan kesalahan-kesalahan dalam pembuatan surat statuter dan non statuter dilingkungan Kementerian Agama. Kesalahan itu beraneka ragam, ada kesalahan dari pengetikan surat, kesalahan format dan lay out surat, penggunaan kertas surat, pemakaian huruf, pengelolaan surat masuk dan surat keluar dan lain sebagainya” ungkap Mahani.

“Tingkat kesalahan bukan hanya ditemui pada surat-surat yang diproduk oleh KUA Kecamatan, Madrasah-Madrasah, Kantor Kemenag Kab/Kota, tetapi juga ditemui di Kantor Wilayah, STAIN dan IAIN. Kesalahan-kesalahan tersebut perlu diperbaiki” lanjut Mahani.

“Perlu ada perhatian yang extra dari pimpinan satker dan UPT, agar pembuatan surat dinas tidak jauh melenceng dari pedoman tata persuratan dinas Kementerian Agama sesuaiĀ Peraturan Menteri Agama Nomor 16 Tahun 2006 dan disesuaikan dengan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2011 tentang Pembentukan Peraturan Perundang-Undangan” pungkas Mahani.

Ketiga jenis Diklat ini sendiri berlangsung selama 7 (tujuh) hari yang dimulai dari tanggal 27 Agustus sampai dengan 02 September 2015 diikuti oleh 90 orang peserta yang berasal dari Satuan Kerja Wilayah BDK Palembang [AMZ].

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.