Launching Open Promotion Kemenag Bulan April 2015 (Kliping Web, 14/01/2015)

0
157

Jakarta (Pinmas) —- Open promotion (promosi jabatan secara terbuka atau lelang jabatan) menjadi keharusan Kementerian Agama dalam membangun Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi yang Bersih dan Melayani (WBBM). Kapan itu akan dilakukan,  Sekjen Kemenag Nur Syam merencanakan untuk meluncurkannya pada April 2015.

Open promotion di tahun 2015 ini harus kita kedepankan. Saya sudah membuat ancang-ancang bahwa pada bulan April nanti akan kita launching program ini untuk akses open promotion,” demikian penegasan Nur Syam saat ditemui di ruang kerjanya, Jakarta, Senin (12/01).

Launching open promotion, lanjut  Nur Syam, diawali dengan  proses pematangan instrument yang dilakukan sepanjang Januari – Maret. Menurutnya,  Kementerian Agama agak berbeda dengan kementerian lain, dalam hal visi, misi, tugas pokok, dan fungsinya, sehingga diperlukan alat ukur yang lebih khusus terkait dengan lelang jabatan yang sekarang sudah menjadi bagian integral dari reformasi birokrasi.

“Jadi pengisian-pengisian jabatan ke depan akan kita fokuskan kepada  open promotion. Itu akan kita lakukan mulai bulan April,” jelasnya.

“Jadi nanti April akan kita bikin semacam fit and propert test tapi bentuknya adalah assesement  dan itu nanti akan menjadi basis atau dasar kita untuk menentukan tempat seseorang dalam jabatan yang ada di Kementerian Agama baik untuk Eselon II, III, IV, dan seterusnya,” tambahnya.

Permenpan & RB No 60 Tahun 2012 tentang Pedoman Pembangunan ZI menuju WBK danWBBM mengatur bahwa promosi jabatan secara terbuka bertujuan untuk mendapatkan sumber daya manusia yang berkualitas yang berasal dari lingkungan internal ataupun eksternal melalui kompetisi yang sehat.

“Jadi bulan April adalah bulan assessment.  April itulah kita akan mendeclare lelang jabatan di Kementerian Agama yang ditandai dengan assessment,” tutur Nur Syam.  (mkd/mkd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.