Kepala BDK Palembang memberikan Materi pada Diklat Penyuluh Non PNS

0
59

Pada hari Kamis (20/04/2017) Kepala Balai Diklat Keagamaan Palembang Bapak Syafitri Irwan, S.Ag, M.Pd.I mengisi materi pada Diklat Penyuluh Non PNS Angkatan XI. Materi yang di sampaikan yaitu Peraturan Menteri Agama Nomor 75 Tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Diklat bagi Pegawai Kementerian Agama. Beliau juga menyampaikan bahwa penyuluh harus memahami tugas dan fungsinya yang mampu membina, mendampingi masyarakat dari yang kurang baik menjadi lebih baik lagi dengan cara pendekatan yang baik kemasyarakat, berakhlak baik, memberikan pelayanan yang baik di masyarakat.

Beliau juga menanyakan problem/masalah yang ada kepada peserta penyuluh. Mereka memiliki problem yang berbeda-beda diantaranya keadaan jama’ah masjid yang terlihat sepi, anak-anak remaja yang sukar mengaji, adanya krisis akhlak, kriminal, adanya pergeseran nilai-nilai moral dan masih banyak lagi. Semua ini merupakan tugas penyuluh dan masalah ini harus diselesaikan dengan baik.

Ada 4 aspek agar penyuluh agama lebih confident dalam menyelesaikan masalah : 1) Aspek Realibility, yaitu potensi yang masing-masing telah dimiliki kita semua, kita tau tugas dan fungsi kita masing-masing dan siap dalam bertugas, 2) Aspek Responsibility, yaitu penyuluh yang tanggap yang sensitif atau peka atas permasalahan yang ada, 3) Aspek Empati, memiliki rasa peduli, 4) Problem Solution, yaitu dapat menyelesaikan masalah yang ada.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.