Kakanwil : Kepala Madrasah Sebagai Leader Dan Manajer

0
24

Palembang (Diklat NEWS) salah satu permasalahan yang sering didapatkan pada lembaga pendidikan di Indonesia adalah faktor lemahnya kepemimpinan lembaga, dalam hal ini kepala madrasah.Hal tersrbut disampaikan oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Selatan yang diwakilkan oleh Drs. H Iman Suryadi, M.Pd.I pada saat pembukaan Diklat Teknis Substantif Pembekalan Penugasan Kepala Madrasah Ibtidaiyah Angkatan II, Diklat Teknis Substantif Pembekalan Penugasan Kepala Madrasah Tsanawiyah dan Diklat Teknis Substantif Pembekalan Penugasan Kepala Madrasah Aliyah pada Rabu malam (12/08/2015) di Auditorium Balai Diklat Keagamaan Palembang.

“Kelemahan kepemimpinan ini terjadi karena banyak faktor, keterampilan yang kurang memadai hingga wawasan kepemimpinan pendidikan yang masih kurang. Padahal, tantangan lembaga pendidikan sekarang ini semakin besar, dilihat dari berbagai situasi dan kondisi yang menghadang sebut saja faktor globalisasi yang sekarang ini merambah dunia pendidikan” ujar Iman.

Selanjutnya Iman juga mengatakan bahwa sebagai seorang leader, kepala madrasah harus mampu membangun visi dan misi untuk dapat mewujudkan pendidikan di madrasah yang lebih baik sehingga motto kita “Lebih Baik Madrasah dan Madrasah Lebih Baik” dapat terwujud. Selain itu sebagai leader kepala madrasah harus mampu berperan sebagai inovator, mampu memotivasi rekan kerja baik guru dan karyawannya, mampu menjadi penengah dalam konflik yang terjadi dan dapat mengambil keputusan dengan baik.

“Sebagai seorang manajer, kepala sekolah harus mempunyai empat kompetensi dan ketrampilan utama dalam menajerial organisasi, yaitu ketrampilan membuat perencanaan, keterampilan mengorganisasi sumberdaya, keterampilan melaksanakan kegiatan, dan keterampilan melakukan pengendalian dan evaluasi” ujar Iman.

Mengakhiri sambutannya  Iman yang mewakili Kakanwil Kemenag Provinsi Sumsel menyampaikan himbauan kepada seluruh peserta ketiga diklat tersebut untuk dapat mengikuti rangkaian kegiatan  ini dengan penuh semangat, dedikasi dan disiplin yang sungguh-sungguh, sehingga apa yang diperoleh nantinya dapat bermanfaat bagi dunia pendidikan khususnya pada madrasah di masa mendatang.

Upacara pembukaan diklat ini dihadiri oleh Kepala Balai Diklat Keagamaan Palembang Dra. Hj. Nyimas Mahani, MM, Kasubbag Tata Usaha Nurul Falah, SH, MM, Kasi Teknis Keagamaan Drs. H. Arion, S.IPI, M.Si dan seluruh Panitia Diklat dimulai tepat pada pukul 19.30 WIB dan berlangsung secara tertib. Kegiatan diklat ini sendiri akan berlangsung selama 10 hari dimulai pada tanggal 12 Agustus 2015 dan akan berakhir pada tanggal 21 Agustus 2015 nanti [AMZ].

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.