Berpikir Kreatif dan Inovatif di KPPT Palembang

0
67

Palembang (Diklat NEWS) sebanyak 30 Peserta Diklatpim Tk. IV Kementerian Agama Se-Provinsi Sumatera Selatan, Lampung, Bengkulu dan Kep. Bangka Belitung pada Jum’at (21/08/2015) siang didampingi oleh Panitia melakukan kunjungan ke Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu (KPPT) Kota Palembang yang terletak di area Kantor Walikota Palembang Jl. Merdeka No. I Palembang. Para peserta disambut langsung oleh Kepala KPPT Palembang Diankis Julianto, ST beserta Kasi Regulasi dan Pelayanan Pengaduan Fadillah Sani, S.H, M.Hum dan Kasi Informasi dan Pengembangan Kinerja Jani, SE, M.Si di ruang rapat KPPT Palembang.

Kunjungan yang dilakukan oleh para peserta Diklatpim Tk. IV ini sendiri bertujuan untuk penguatan pemahaman terhadap materi diklat berpikir kreatif dan inovatif seperti yang diungkapkan oleh Drs. Abu Bakar, M.Si Widyaiswara pengampu materi tersebut.

Selanjutnya dalam kegiatan ini dipaparkan secara singkat sejarah berdirinya KPPT Palembang dan segudang prestasi yang telah diraih diantaranya ISO 9001:2008. Dan bukan itu saja ternyata KPPT Palembang merupakan salah satu rujukan bagi para peserta Diklatpim untuk melakukan Bench Marking seperti di ungkapkan Kepala KPPT Palembang.

“KPPT Palembang seringkali menjadi lokus kegiatan Diklatpim, yang terakhir kemarin kita menerima peserta Diklatpim Tk. III Jawa Barat, Diklatpim Tk. III LAN RI bahkan Pemerintah Kabupaten Biak Papua juga pernah berkunjung kemari” ungkap Diankis.

Dalam kesempatan ini juga dilakukan sessi tanya jawab peserta untuk menggali informasi tentang inovasi-inovasi yang telah dilakukan oleh KPPT Palembang. Kepala KPPT Palembang menjelaskan bahwa untuk melakukan suatu inovasi kita harus berani, berani dalam arti setiap tindakan kita harus berlandaskan hukum yang ada. Salah satu inovasi yang dilakukan oleh KPPT Palembang seperti Pemberantasan Calo dalam proses administrasi perizinan.

Kemudian Diankis juga menjelaskan ada beberapa hal substantif yang dilakukan KPPT Palembang dalam melakukan inovasi yaitu menindaklajuti setiap keluhan konsumen dengan tindakan real, melakukan coffee morning setiap hari dengan para kasi untuk membahas permasalahan yang terjadi kemarin dan mencari solusinya, dan memanfaatkan penggunaan Teknologi Informasi dalam proses pelayanan untuk mempersingkat jarak dan waktu.

“Kita mencoba untuk terus berinovasi setiap harinya agar lebih baik lagi, hal tersebut dilakukan¬† dengan cara menindaklanjuti survey kita terhadap kepuasan pelanggan, coffee morning kita lakukan setiap harinya dalam mencari solusi untuk keluhan yang masuk serta kita juga memanfaatkan IT dalam melakukan pelayanan baik pendaftaran online, help desk online dan kritik serta saran juga dapat dilakukan dengan online. Yang terbaru adalah kita sekarang memiliki layanan mobil keliling untuk mengurus perizinan bagi masyarakat” ungkap Diankis.

Penjelasan dari Kepala KPPT Palembang ini sangat membuka wawasan bagi para peserta Diklatpim Tk. IV terlihat dengan antusiasnya peserta dalam melakukan tanya jawab, seperti pertanyaan yang diajukan oleh salah satu peserta yaitu Amir Hamzah dari Kanwil Kemenag Prov. Kep. Bangka Belitung tentang bagaimana mekanisme evaluasi dan kontrol yang dilakukan KPPT Palembang dan dijelaskan bahwa KPPT Palembang sendiri selain melibatkan Badan Pemeriksa Keuangan RI dalam hal audit ternyata melakukan audit internal antar seksi/bagian di KPPT Palembang setiap bulannya.

“Selain melibatkan BPK RI, kita juga melakukan audit internal antar seksi/bagian yang ada setiap bulannya agar terjadi sinergi menuju perubahan yang lebih baik karena filosofi yang kita pegang bahwasanya sebagai PNS kita ini adalah pelayan masyarakat” pungkas Diankis.

Kunjungan ini diakhiri dengan melihat secara langsung aktivitas pelayanan dan berbagai fasilitas online KPPT Palembang maupun di ruang arsip yang ada di Gedung Badan Pengelolaan Keuangan Daerah Kota Palembang [AMZ].

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.