Benchmarking Diklatpim IV Angkatan XXIII Ke Yogyakarta

0
49

Yogyakarta (Diklat NEWS) Sebanyak 30 peserta Diklat PIM IV Pola Baru Angkatan XXIII Kementerian Agama Se-Provinsi Sumsel, Lampung, Bengkulu dan Kep. Bangka Belitung melakukan Benchmarking (BM) di Kanwil Kementerian Agama Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga pada Kamis (27/8/2015) pagi.

Rombongan yang dipimpin langsung oleh Kasi Diklat Administrasi Mursidah, S.Ag, MM dan Kasi Diklat Teknis Keagamaan Drs. H. Arion, S.IPI, M.Si didampingi para Coach yaitu Widyaiswara Balai Diklat Keagamaan Palembang H. Salman Saesar, SE, MM, Drs. Taufiqurrohman, M.Pd.I, Drs. Abu Bakar, MM dan Weldan F. Smith, S.Pd, M.A.P diterima langsung oleh Kepala Kanwil Kementerian Agama Yogyakarta Prof Dr H Nizar MAg di Aula kanwil Kemenag DIY. Turut hadir dalam kesempatan ini turut hadir perwakilan dari Balai Diklat Keagamaan Semarang.

Dalam laporan Ketua Panitia yang disampaikan oleh Kasi Diklat Administrasi mengatakan bahwa “”Kegiatan Benchmarking ke Best Practice ini bertujuan membekali peserta Diklatpim dengan kemampuan mengadopsi dan mengadaptasi keunggulan organisasi yang memiliki best practice dalam pengelolaan program dengan metode kunjungan lapangan,” ujar Mursidah.

Selanjutnya dalam kesempatan ini Kakanwil Prof. Dr. H. Nizar MAg menjelaskan bahwa seorang pemimpin harus mampu beradaptasi dengan perubahan, tidak stagnan dengan rutinitas, sehingga dapat berpikir out of the box. “Rutinitas tidak dapat dihindari, tapi bisa keluar dari itu untuk perubahan,” katanya saat menyambut kedatangan peserta diklat.

Lebih lanjut kakanwil memaparkan beberapa syarat pemimpin perubahan, yaitu harus memiliki tujuan yang jelas. “Tujuan yang jelas ini muaranya adalah pemimpin yang visioner,” katanya. Selain itu, seorang pemimpin harus bisa mempengaruhi. “Maksudnya adalah mempengaruhi yang positif, bukan negatif,” pungkas Nizar.

Pada hari yang sama kegiatan BM ini juga dilaksanakan di UIN Sunan Kalijaga bertempat di Ruang Sidang Pusat Administrasi yang diterima langsung oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga Prof. Dr. H. Sutrisno, M.Ag beserta Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Dr. Siti RuhaniDzuhayatin, MA [AMZ].

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.